Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2022): April

Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika

Nawahdani, Ahmad Mansur (Unknown)
Triani, Elza (Unknown)
Azzahra, Miftahul Zannah (Unknown)
Maison, Maison (Unknown)
Kurniawan, Dwi Agus (Unknown)
Melisa, Defri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Minat siswa yang kurang terhadap suatu pelajaran akan membuat siswa merasa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Siswa cenderung malas belajar karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekolah khususnya dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis hubungan minat serta motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berupa purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji didapatkan hasil uji T dengan nilai sig.(2- tailed) < 0.05 dan uji korelasi antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05. Maka, penelitian ini yaitu terdapat perbedaan minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika antara kedua kelas dan terdapat hubungan antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Implikasi penelitian ini diharapkan akan dapat menunjang meningkatnya minat serta motivasi belajar siswa di jenjang sekolah menengah atas, serta harapannya minat dan motivasi belajar siswa juga meningkat secara kompeten dibidang mata pelajaran fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...