Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang
Vol 2, No 1 (2022)

Pengaruh Media Pembelajaran Video Dilengkapi Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

Huda, Marleni Rosalia Ndapa (Unknown)
Makaborang, Yohana (Unknown)
Ndjoeroemana, Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video dilengkapi mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup desain. Subjek penelitian ini yaitu 35 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan 35 siswa XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 ( 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran video dilengkapi mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini juga didukung oleh hasil kuesioner respon siswa yang menunjukkan bahwa respon siswa tergolong dalam kategori sangat baik dengan presentase 87% terhadap penggunaan media video yang dilengkapi mind mapping.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpig

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang publishes research articles in the field of education especially in the Indonesia ...