Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2 (2021): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Siti Asfiranna Sari (Universitas Negeri Medan)
Mulyono Mulyono (Universitas Negeri Medan)
Edi Syahputra (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan model pembelajaran interaktif berbasis think pair share pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis think pair share; 3) mendeskripsikan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis think pair share. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan model pembelajaran interaktif berbasis think pair share yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran interaktif; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis think pair share meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 0,30 dengan kriteria rendah dan pada uji coba II dengan kriteria sedang; 3) Model pembelajaran interaktif berbasis think pair share yang dikembangkan ini dapat meningkatkan kemampuan self-efficacy siswa, terlihat pada uji coba I rata-rata self-efficacy siswa sebesar 80,07 dengan simpangan baku 10,16, pada uji coba II rata-rata self-efficacy sebesar 84,60 dengan simpangan baku 11,45.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...