Publikasi Pendidikan
Vol 9, No 3 (2019)

Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia

Muhammad Aswin Rangkuti (Universitas Negeri Medan)
Imelda Free Unita Manurung (Universitas Negeri Medan)
Nelson Tarigan (Universitas Negeri Medan)
Deo Demonta Panggabean (Universitas Negeri Medan)
Irfandi Irfandi (Universitas Negeri Medan)
Mukti Hamjah Harahap (Universitas Negeri Medan)
Dedy Husrizal Syah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Mitra pada kegiatan PKM ini adalah SD Swasta Teladan Sumatera Utara. Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu : 1) Minimnya pengetahuan guru-guru tentang pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran berlangsung secara konvensional dan monoton, 2) Sebagian guru belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 sehingga kesulitan dalam menerapkannya, 3) Sebagian guru tidak mampu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, 4) Tidak tersedianya alat peraga pembelajaran, 5) Minimnya keterampilan guru-guru dalam pembuatan alat peraga edukatif tematik. Metode pendekatan dalam pelaksanaan PKM ini menggunakan metode pendidikan, pelatihan, praktik dan pendampingan. Luaran yang dihasilkan antara lain: 1) Meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran inovatif di sekolah dasar, 2) Meningkatnya pengetahuan guru-guru dalam menerapkan kurikulum 2013, 3) Meningkatnya keterampilan guru-guru dalam merancang RPP kurikulum 2013, 4) Tersedianya berbagai alat peraga edukatif tematik sekolah dasar, 5) Meningkatnya keterampilan guru-guru dalam pembuatan alat peraga edukatif tematik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...