QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dewi Satria Ahmar (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Roy Kulyawan (tadulako university)
Aan Febriawan (Program Studi Biologi, FMIPA, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri Satu Atap Sausu. Pembelajaran dari rumah yang dimaksud adalah pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di rumah yang dilakukan secara daring dan luring (kunjungan guru ke rumah siswa). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 40 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dipilih 30 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: angket, lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan pembelajaran dari rumah selama pandemi covid-19 yang dilakukan secara daring adalah 59,17% dan yang dilaksanakan secara luring (kunjungan guru ke rumah siswa) adalah 78,80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan secara luring (kunjungan guru ke rumah siswa) lebih efektif dilakukan dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...