Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 1 (2022)

Pengaruh Media Sekolah Pintar Indonesia (SPI) Terhadap Literasi Digital Dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Herdyana, Nadya (Unknown)
Suprapto, Purwati Kuswarini (Unknown)
Ali, Mufti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Diterima: 2 Desember 2021Direvisi: 18 April 2022Diterbitkan: 25 Mei 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Sekolah Pintar Indonesia terhadap hasil belajar biologi pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, diperoleh 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan Sekolah Pintar Indonesia dan kelas kontrol dengan Whatsapp. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket literasi digital dan tes soal multiple choice. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai signifikansi yang lebih besar dari 5% untuk hasil belajar dan kemampuan literasi digital. Berdasarkan hasil uji anova tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media aplikasi Sekolah Pintar Indonesia terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik.Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Sekolah Pintar Indonesia (SPI)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...