Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI
Vol 6 No 1 (2022): Pengabdian Untuk Mu negeRI

Edukasi Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM di Pasar Kumbasari

DwiCahyani Made (Universitas Pendidikan Nasional)
Ni Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani (Universitas Pendidikan Nasional)
A.A. Ngr Eddy Supriyadinata Gorda (Universitas Pendidikan Nasional)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Bali merupakan ikon pariwisata Indonesia yang terkenal hingga manca negara dengan keunikan budaya serta keindahan alamnya yang membuat Bali sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Menyebabkan banyak masyarakat Bali mencari nafkah di bidang pariwisata. Tetapi saat ini, sektor pariwisata Indonesia khususnya Bali mengalami penurunan yang signifikan diakibatkan dari adanya pandemi Covid – 19 yang menggangu aktivitas masyarakat dunia. Mengakibatkan banyak masyarakat Bali yang kehilangan penghasilan khususnya UMKM pada bidang penjualan oleh – oleh khas Bali. Sehingga hal tersebut menjadi tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu membantu UMKM dalam meningkatkan hasil penjualan yang menurun akibat dari adanya pandemi Covid – 19. Dengan metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa observasi, edukasi, dan pelatihan digital marketing pada UMKM. Dan hasil dari kegiatan yaitu telah dilakukannya edukasi dan pelatihan digital marketing pada UMKM di Pasar Kumbasari dan meningkatnya pemahaman dan kemampuan pada UMKM mengenai penggunaan digital marketing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PengabdianUMRI

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pengabdian Untuk Mu negeRI merupakan jurnal diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sebagai media untuk mempubikasikan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen dan juga mahasiswa sebagai ...