Pendidikan Bahasa Indonesia
No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 PADANG

Amnur, Yelchi (Unknown)
Bahardur, Iswadi (Unknown)
Afrinda, Putri Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mampu dalam memahami puisi. Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan tema, diksi dan citraan yang cocok dengan puisi. Ketiga, siswa lebih senang menghafal pengertian dan teori puisi daripada memahami puisi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan memahami puisi siswa kelas X SMP Negeri 35 Padang (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang dan (3) mendeskripsikan hubungan kemampuan memahami puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang, dengan sampel berjumlah 32 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahami puisi sedangkan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis puisi.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, rata-rata tingkat kemampuan memahami puisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (83,25%). Kedua, rata-rata keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (78,95%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memahami puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang.

Copyrights © 2014