Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

A Systematic Literature Review: the Role of Teachers and Parents in Online Learning in Indonesia

Septian Cahya Azhari (Universitas Siliwangi)
Ely Satiyasih Rosali (Universitas Siliwangi)
Mega Amalia (Universitas Siliwangi)
Resi Rismawati (Universitas Siliwangi)
Tita Yuniarti (Universitas Siliwangi)
Zahra Zahra (Universitas Siliwangi)
Sri Rahayu Ningrat (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dan orang tua selama pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic literature review dengan PICOS. Data yang digunakan diambil dari Sinta, Google Scholar, dan Publish or Perish. Metode yang digunakan untuk menganalisis data, kemudian menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran guru meliputi melakukan inovasi media pembelajaran, menyusun RPP, memberikan motivasi, menjadi fasilitator, mediator dan evaluator. Sedangkan peran orang tua meliputi menyediakan fasilitas penunjang belajar, orang tua harus dituntut untuk menguasai teknologi, mendampingi anak dalam belajar, memotivasi anak, memelihara psikologis dan spiritual anak serta peran menjadi panutan, pendampingan, pengorganisasian, dan pengajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...