Jambura Economic Education Journal
Vol 3, No 1 (2021): JANUARY 2021

PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Usman Moonti (universitas negeri gorontalo)
Agil Bahsoan (universitas negeri gorontalo)
Abd Marwandi Gumohung (universitas negeri gorontalo)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII 2 di  MTs N 1 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menjelaskan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif memiliki makna bahwa keterampilan menjelaskan guru yang semakin inovatif dan kreatif yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran maka akan mendorong kemampuan siswa untuk memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Adapun variabilitas hasil belajar siswa Mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh keterampilan menjelaskan guru sebesar 37,80, sedangkan sisanya sebesar 62,20 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti minat belajar siswa, model pembelajaran yang diterapkan, motivasi orang tua, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...