EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Standar Profesional Guru PAUD Menurut Undang-Undang Guru

Delfi Eliza (Universitas Negeri Padang)
Tri Nola Mulfiani (Universitas Negeri Padang)
Indah Abdiana (Universitas Negeri Padang)
Lisa Yunita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Guru adalah bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan, dan perhatian  pertama dan terutama harus diberikan kepada mereka. Dalam dunia pendidikan,  guru selalu menjadi pusat perhatian karena selalu dikaitkan dengan beberapa komponen sistem pendidikan. Guru memegang peran sebagai  ujung tombak didalam kemajuan proses pendidikan. Untuk memperlancar proses kemajuan tersebut guru haruslah berpedoman kepada undang-undang guru untuk meningkatkan standar profesionalnya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui standar profesional guru paud yang sesuai dengan undang-undang guru . Penulisan artikel ini disebut juga sebagai penelitian kepustakaan, baik dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan maupun oleh penulis dengan  menggunakan berbagai sumber seperti artikel, jurnal, buku, dan sumber lain yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Review ini diawali dengan Nilai-Nilai (Value) Profesional Guru, dilanjutkan dengan profesional pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), profesional keterampilan (skills), dan terakhir lahirnya UU sisdiknas 20/2003 tujuan dan isi, serta standar pendidikan pendidikan nasional oleh (BNSP).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...