Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan UNIGA

Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista

Rania Rahima (Universitas Lambung Mangkurat)
Kaspul Kaspul (Universitas Lambung Mangkurat)
Aminuddin Prahatama Putra (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 sebagai pandemi global memberikan dampak pada pendidikan. Pembelajaran daring yang menjadi solusi saat pandemi juga mengalami kendala di antaranya kurangnya interaksi antar guru dengan peserta didik yang mengakibatkan pembelajaran berjalan monoton. Konsep protista merupakan materi yang kompleks, sehingga membutuhkan bahan ajar yang bervariasi untuk mengatasi permasalahan guru dan peserta didik. Modul elektronik adalah bahan ajar el ektronik yang disusun secara sistematis, meliputi kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik. Flip HTML5 merupakan aplikasi atau situs web yang dapat digunakan untuk mengonversi file PDF ke bentuk flipbook yang membuat bahan ajar menjadi interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan uji keterbacaan pada modul elektronik berbasis berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap Develop. Subjek penelitian ini terdapat 3 orang validator dan 9 peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah modul elektronik berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA memperoleh nilai validitas 88,54% dan uji keterbacaan peserta didik 86,2% sehingga terkategori sangat valid dan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...