Indonesian Journal of Learning Education and Counseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Maret

Tingkat Keaktifan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Belajar Daring Via WhatsApp

Muhammad Hasan (Universitas Negeri Makassar)
Nirwana (Universitas Negeri Makassar)
Rahmatullah (Universitas Negeri Makassar)
Thamrin Tahir (Universitas Negeri Makassar)
Nur Arisah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Kajian ini dibuat dengan tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengimplementasian pendidikan pada jenjang sekolah dasar, dimana kita ketahui pada saat awal tahun 2020 Covid-19 memasuki Indonesia sehingga pembelajaran hanya dilakukan melalui tatap muka. Pada kajian ini kita menggunakan pendekatan kuantitatif, lalu akan dijabarkan melalui metode observasi berupa penyebaran kuesioner dan peninjauan langsung pada lapangan melihat apa yang terjadi di sekolah tersebut. Dengan informan yang ada yaitu guru, orangtua dan siswa serta kepala sekolah. Dalam menentukan tekniknya informan yaitu antara lain (a) berprofesi sebagai guru di Sekolah Dasar Negeri Balang Boddong (b) orang tua bertugas sebagai pendamping anaknya selama proses pembelajaran secara offline yang dilakukan di rumah yang disediakan datang kesekolah. Dan (c) siswa di sekolah SDN balang boddong cukup memahami cara penggunaan media yang digunakan selama pembelajaran tatap muka di rumah, mereka cukup memahami secara seksama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJoLEC

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Learning Education and Counseling has a prefixes DOI: 10.31960 . IJoLEC is published twice a year by the ILIN Institute with a field of study (1) Education in Learning: Primary Education, Learning Models, Curriculum, Learning Innovation, Vocational Education, (2) Educational ...