Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah diterapkan metode bernyanyi. Dengan Metode Observasi partisipatif, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Untuk mengalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap siklus dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penguasaan Kosakata siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa sebelum diterapkan metode bernyayi diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata siswa sebesar 76,95 %, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mereka tidak mencapai hasil maksimal karena hanya 6 yang tuntas dan 14 yang tidak tuntas dari total 20 siswa. (2) Penguasaan kosakata siswa setelah diterapkan metode bernyanyi pada siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa meningkat dengan hasil perhitungan pada siklus I didapatkan rata-rata perolehan nilai siswa 79,9 % , dan pada siklus II sebesar 84,95 %.Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Penguasaan, Kosakata
Copyrights © 2020