INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Vol 4 No 1 (2021): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION

Blended Learning Model for Learning in the 4.0 Industrial Revolution Era

Azmi Asra (Unknown)
Asrizal Asrizal (Universitas Negeri Padang)
Lufri Lufri (Universitas Negeri Padang)
Ali Imran (Universitas Negeri Padang)
Hardeli Hardeli (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Keefektifan dilihat dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Meta analisis ini mengkaji sejumlah jurnal penelitian dalam masalah sejenis yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema. Jurnal yang digunakan berasal dari basis data beberapa publisher baik nasional dan juga internasional sebanyak 15 jurnal dalam kisaran delapan tahun terakhir (2020-2012). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari meta analisis ini menunjukan bahwa penelitian model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia banyak dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas 53,33%, desain yang banyak digunakan yakni R&D sebesar 33,33%, analisis data yang paling banyak digunakan yaitu uji t sebesar 40,00%, dan model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 efektif terhadap dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dengan sebaran untuk berpikir kritis dan kreativitas serta pemecahan masalah sebesar 46,66%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJOBE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The Indonesian Journal of Basic Education is a scientific journal that presents original articles about classroom action research. The scope of the Riau Journal of Basic Education includes the fields of basic education, This journal is a means of publication and a place to share research and ...