Jurnal Vokasi Mekanika
Vol 2 No 4 (2020): Jurnal Vokasi Mekanika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 PADANG

Saski Mulyani (Unknown)
Budi Syahri (Unknown)
Suparno Suparno (Unknown)
Purwantono Purwantono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, belum dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah dan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen pelajaran dasar perancangan teknik mesin di SMK Negeri 5 Padang, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol pelajaran dasar perancangan teknik mesin di s SMK Negeri 5 Padang, apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol pelajaran dasar perancangan teknik mesin di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode adalah quasy eksperiment (eksperimen semu) dengan jumlah populasi sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yakni satu kelompok sebagai kelompok Eksperimen dan satu kelompok lagi sebagai kelompok Kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan porposivesampling. Hasil penelitian yangdilakukan pada kelompok Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)mendapat rata-rata 81,12 dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvesional mendapat rata-rata 77,51 Terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran dikelas dasar perancangan teknik mesin setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar setelah diberikan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berpengaruh sebesar 8 % sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa jika di terapkan dalam jangka waktu panjang dan lebih efektif lagi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

vomek

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Jurnal Vokasi Mekanika menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan dan teknologi serta ilmu Keteknikan dalam bidang Teknik Mesin. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi untuk mendiskusikan, ...