Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah berdampak pada semua sektor kehidupan manusia. Salah satu sektor yang terkena dampak pandemi COVID-19 adalah sektor pendidikan. Saat ini, kuliah online menjadi pilihan terbaik di masa pandemi. Namun, ada beberapa efek psikologis yang muncul pada mahasiswa selama perkuliahan online, seperti stres akademik yang mempengaruhi prestasi akademik. Salah satu aspek psikologis yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut adalah adanya efikasi diri akademik pada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat efikasi diri akademik pada mahasiswa sebagai faktor psikologis yang mendukung keberhasilan akademik dalam menghadapi proses perkuliahan online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area 2020. Hasil penelitian yang dominan menunjukkan bahwa 65% mahasiswa memilih netral, 15% mahasiswa memiliki efikasi diri akademik rendah, dan 20% mahasiswa memiliki efikasi diri tinggi. efikasi diri akademik.
Copyrights © 2021