IJODASI : International Journal of Disabilities and Social Inclusion
Vol. 2 No. 01 (2022): March 2022

Sistem Pembelajaran Online di Sekolah Dasar : Hambatan, Tantangan, Kesiapan Guru dan Solusi

Tawar Tawar (SD Negeri Karangsumber 01, Winong, Pati)
Heren Fabanyo (SD Negeri Winong , Winong, Pati)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran online pada masa wabah Covid-19 dilakukan secara mendadak sehingga menemui banyak kendala. Hambatan datang dari siswa, sekolah, dan kurikulum. Hambatan yang dialami guru dan siswa berbeda-beda, terutama di sekolah dasar. Solusi dan inovasi tersebut antara lain mengadakan pelatihan teknologi internet, penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran online, merancang blended learning, guru mempersiapkan pembelajaran dengan baik, guru mereview materi dan metode pengajaran. Hasil refleksi menunjukkan bahwa pembelajaran online yang dilakukan secara tiba-tiba menghasilkan banyak kendala. Perencanaan pembelajaran online perlu dilakukan dengan meningkatkan keterampilan guru di bidang teknologi internet, menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran online, memahami karakteristik materi, dan membiasakan siswa dengan teknologi mengikuti tuntutan global.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijodasi

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

International Journal of Disabilities and Social Inclusion- IJODASI, E-ISSN : 2775-9571 is an International, multidisciplinary, peer reviewed / refereed open access journal. The areas covered by Journal include all type of disabilities and a wide range of advanced fields such as: Psychosocial ...