JURNAL TALENTA
Vol. 11 No. 2 (2020): JURNAL TALENTA VOL XI NO.2 DECEMBER 2020

PENGARUH SENTRA BERMAIN PERAN TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN TK NEGERI PEMBINA 1 PEKANBARU

Dwi Listari (Unknown)
Susi Herlinda (STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU)
Nopa Wilyanita (STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sentra bermain peran terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah seluruh anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru yaitu sebanyak 30 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru setelah diberikan perlakuan berupa sentra bermain peran mengalami peningkatan dan tergolong tinggi, artinya terdapat pengaruh sentra bermain peran terhadap percaya diri anak, jika dibandingkan dengan sebelum sentra bermain peran. Sentra bermain peran memiliki pengaruh positif sebesar 50,13% terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru. Hasil penelitian ini jauh dari kesempurnaan. Untuk itu perlu saran dan masukan dari berbagai pihak. Kepada pihak sekolah perlu menambahkan dan melengkapi fasilitas di sekolah untuk membantu guru dalam menjalankan strategi dalam pembelajaran agar seluruh aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik. Sebagai guru hendaknya lebih kreatif dalam menentukan strategi pembelajaran yang berhubungan dengan seluruh aspek perkembangan anak khususnya berkaitan dengan percaya diri anak sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...