REDUPLIKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 2 (2021): (Desember 2021)

Retorika Pembawa Acara Indonesia Lawyers Club di TV One

M. Rizal, Ainun Yakin (Unknown)
Djou, Dakia N. (Unknown)
Idul, Rahmatan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika, diksi, dan gaya bahasa pembawa acara Indonesia lawyers club di TV One. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata dan kalimat yang memuat retorika, diksi, dan gaya bahasa yang digunakan oleh pembawa acara. Sumber data dalam penelitian ini ialah bahasa lisan Karni Ilyas yang diperoleh melalui rekaman video acara ILC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik rekam, simak dan catat. Hasil penelitian pertama, menunjukkan bahwa retorika yang paling dominan digunakan oleh pembawa acara ILC adalah retorika persuasif. Kedua, diksi yang digunakan oleh pembawa acara ILC terdiri dari diksi denotasi, diksi konotasi, diksi umum, diksi khusus, diksi populer dan diksi ilmiah. Ketiga, gaya bahasa yang digunakan oleh pembawa acara ILC terdiri dari gaya bahasa metafora, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa anti-klimaks, gaya bahasa paralelisme, gaya bahasa antitesis, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa ironi, dan gaya bahasa repetisi. Penggunaan retorika persuasif oleh Karni Ilyas bertujuan menarik minat atau memengaruhi psikologis seseorang dengan memberikan bukti-bukti berdasarkan fakta dalam setiap konteks kalimatnya. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Reduplikasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

REDUPLIKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang ilmu-ilmu Pengajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, Linguistik, Sastra, Seni, dan Budaya. Terbit dengan open akses ...