Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan  penggunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X, adanya perbedaan kultur budaya dan dialek bahasa yang berbeda, serta kurangnya penguasaan pengunaan bahasa Indonsia yang baik dan benar. Dengan melihat pilihan kata, makna kata, faktor penyebab pengunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkairaat Ampana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana. Metode  pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode rekam, metode simak tak libat cakap, metode catat. Data dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatif yang menjabarkan pengunaan bahasa guru dan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana sebagai berikut. (1) Pilihan kata yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran  mengunakan bahasa Indonesia pada umumnya yang dapat dimengerti, namun masih banyak pengunaan atau penempatan bahasa Indonesia yang kurang tepat. (2) Makna kata yang dipilih oleh guru dan siswa dapat dimengerti (3) Faktor penyebab pengunaan bahasa oleh guru dan siswa adalah lingkungan dari siswa dan gurunya, lingkungan keluarga dari masing-masing siswa yang dalam setiap hari di rumah mengunakan bahasa daerah masing-masing.Simpulan  dari penelitian ini adalah pilihan kata yang masih kurang tepat, makna kata yang dapat dimengeri dan faktor penyebab yaitu kurang menguasai kosa kata bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021