DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 2 (2022)

Religiositas dalam Novel Meniti di Atas Kabut Karya Abu Umar Basyier

Nurhalisa (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ide Said DM (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Besse Syukroni Baso (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan dimensi religiositas dengan pendekatan Sosiologi Sastra. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Dimensi keyakinan dalam Novel Meniti di Atas Kabut Karya Abu Umar Basyier,(2) Dimensi pengetahuan dalam Novel Meniti di Atas Kabut,(3) Dimensi peribadatan dalam Novel Meniti di Atas Kabut (4) Dimensi pengamalan dalam Novel Meniti di Atas Kabut, dan (5) Dimensi penghayatan dalam Novel Meniti di Atas Kabut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan sosiologi sastra. Sedangkan data berupa kalimat, paragraf, ataupun dialog yang menunjukkan dimensi religiositas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka serta dokumen, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dimensi keyakinan merupakan kepercayaan seseorang diucapkan, baik dengan lisan maupun tulisan, diyakini sepenuh hati dan diwujudkan dalam perbuatan (2) Dimensi pengetahuan tingkat pemahaman seorang muslim terhadap agamanya (3) Dimensi peribadatan yakni sejauh mana ibadah-ibadah dilaksanakan (4) Dimensi pengamalan merupakan hubungan baik kepada sesama manusia (5) Dimensi penghayatan seberapa jauh seorang muslim merasakan kedekatan dengan Rabbnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...