Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode tikrar sebagai metode untuk menghafal hadis pada pembelajaran tatap muka terbatas dan pengaruhnya terhadap hafalan hadis peserta didik. Metode tikrar dapat difahami sebagai metode menghafal yang menekankan pada pengulangan bacaan sehingga tertinggal dalam memori jangka panjang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode tikrar dilakukan masing-masing peserta didik di kelas dengan suara yang dikeraskan di bawah bimbingan guru. Pada akhir pertemuan, peserta didik diminta untuk melafalkan kembali hadis yang telah mereka tikrar-kan tanpa melihat teks. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, metode tikrar dapat membuat peserta didik lebih mudah menghafal hadis. Keefektifan metode tikrar dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat hafalan seperti hafalan AlQur’an dan hafalan hadis sebagaimana hasil penelitian ini, menghasilkan kesimpulan sekaligus rekomendasi agar sekolah-sekolah Islam menggunakan metode tikrar dalam pembelajaran  Alquran dan hadis.
Copyrights © 2022