Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Herti Prastitasari (Universitas Lambung Mangkurat)
Noor Mairin Isnani (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Jumadi Jumadi (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Dessy Dwitalia Sari (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Intan Susetyo Kusumo Wardhani (STKIP PGRI Trenggalek, Trenggalek, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran minat belajar matematika siswa SD di masa covid 19 berdasarkan perspektif gender melalui penggunaan indikator minat belajar yakni perasaan senang/suka terhadap matematika, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika, perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaan matematika, dan kepuasan terhadap pembelajaran matematika. Motode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti, guru, dan siswa yang terdiri atas 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan berasal dari satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Kabupaten Tapin. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa yakni siswa laki-laki memperoleh skor prosentase 97,50 % dan siswa perempuan memperolah skor 96,67%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki minat belajar yang lebih tinggi daripada perempuan, tetapi perbedaannya tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran matematika, perbedaan jender bukan merupakan variabel yang menentukan perbedaan minat belajar siswa. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika di SD, yang penting guru perlu menyajikan pembelajaran secara menarik agar minat belajar para siswa tetap baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...