Penelitian ini menguraikan analisis evaluasi model CIPP (context, input, process dan product) pada program bimbingan KIBAR dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta di masa covid-19. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Ustadz/Ustadzah, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model evaluasi CIPP dilakukan dengan cara, pertama, pada tahap context dilakukan analisis permasalahan yang terjadi terkait kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an dan perumusan solusi. Kedua, pada tahap input dilakukan kajian mengenai hambatan dan faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an siswa dan menerapkan metode KIBAR seagai solusi. Ketiga, pada tahap proses dilakukan analisis efektivitas pelaksanaan program KIBAR yang secara umum dinilai sudah berjalan baik sesuai konsep namun terdapat hambatan. Selama covid-19, para guru mengalami kesulitan mengajar karena tidak tatap muka secara langsung. Keempat, pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian terhadap keberhasilan Program KIBAR yang secara umum sudah cukup baik. Namun masih terdapat kekurangan dalam hal keaktifan dan keseriusan beberapa siswa karena pembelajaran daring tidak efektif. Kekurangan-kekurangan yang terjadi dievaluasi dan menjadi bahan penyempurnaan program KIBAR secara terus-menerus. Melalui Evaluasi model CIPP, pendekatan KIBAR dinilai dapat membantu peningkatan kefasihan peserta didik dalam membaca Al-Qur'an namun di masa covid-19 tidak semaksimal pembelajaran tatap muka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022