Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN PETIR 4 KOTA TANGERANG

Virania Ananda (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Mawardi Mawardi (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Asep Suhendar (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

ABSTRAKAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II di SDN Petir 4 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan membaca yaitu dengan bimbingan belajar menggunakan media yang menarik, melakukan pendekatan dan memberikan perhatian khusus kepada siswa, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mengatasi kesulitan membaca, memberikan pengarahan dan motivasi serta mengadakan program khusus remedial membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...