JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Kepribadian Terhadap Interaksi Sosial Siswa di SMA S YPWI Muslimat Kota Jambi

Melati Melati (Program Studi/Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Jambi)
Nelyahardi Nelyahardi (Program Studi/Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Jambi)
Freddi Sarman (Program Studi/Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Jambi)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 119 orang siswa kelas X dan XI di SMAS YPWI Muslimat Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian sebanyak 98 siswa pada penelitian ini.Tekhnik sampel yang digunakan pada penelitian ini yakni Simple random sampling.Hasil pada penelitian ini menujukan bahwa terdapat pengaruh negative dan signifikan kepribadian terhadap interaksi sosial siswa di SMA S Muslimat Kota Jambi dengan persentase sebesar 3%. Nilai untuk nilai kepribadian diperoleh sebesar -0.074 yang memberikan makna jika kepribadian nilainya 0 maka interaksi sosial nilainya sebesar 61.118 dan jika kepribadian mengalami kenaikan 1% maka interaksi sosial akan menurun sebesar -0.074.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...