Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Tipe Adversity Quotient pada Pembelajaran Matematika

Sufah Iliya Manazila (Universitas Negeri Semarang)
Isnarto Isnarto (Universitas Negeri Semarang)
Iqbal Kharisudin (Universitas Negeri Semarang)
Zaenuri Zaenuri (Universitas Negeri Semarang)
St Budi Waluya (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji kemampuan berpikir kreatif berdasarkan tipe Adversity Quotient (climber, camper, dan quitter) pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu Systematic literature review. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu menentukan topik penelitian, menentukan kriteria pencarian jurnal, melakukan pencarian jurnal, meyeleksi beberapa jurnal, melakukan kajian, dan menuliskan kajian dalam bentuk tulisan sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe climber memiliki usaha yang tinggi dalam menyelesaikan permasalahan dengan berbagai kemungkinan solusi dan strategi baru. Siswa dengan tipe camper memiliki kemauan untuk berusaha untuk menemukan berbagai kemungkinan solusi dan strategi baru tetapi cepat puas dengan hasil yang dicapai. Siswa denga tipe quitter mudah menyerah ketika menemukan kesulitan. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan kemampuan berpikir kreatif belum dicapai secara optimal khususnya pada siswa dengan tipe camper dan climber.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...