EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Desain Modul Sejarah Artefak Islam Gorontalo Berbasis Android Sebagai Penunjang Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Rama Yudha Dumbela (Universitas Negeri Gorontalo)
Samsi Pomalingo (Universitas Negeri Gorontalo)
Muhammad Sarlin (Universitas Negeri Gorontalo)
Candra Cuga (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Gambar 2.2 Bagan Kerangka Berfikir Pembelajaran IPS di SDN 4 Batudaa, Kabupaten Gorontalo kelas IV bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tema 5 (Pahlawanku) berupa buku teks yang disediakan dari sekolah namun belum adanya bahan ajar berbasis sejarah artefak islam gorontalo. Pengembangan mencakup tiga hal pokok, yaitu media, materi dan bahasa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sejarah artefak islam gorontalo berbasis android sebagai penunjang pembelajaran kontekstual pada kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan prosedur Thiagarajan. Dalam penelitian ini terdapat penilaian ahli media, ahli bahasa, ahli materi, peserta didik dan guru kelas. Penelitian ini dilakukan  di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian  ini diperoleh produk dengan penilaian ahli media sebesar 85,5%; ahli materi sebesar 98,6%; ahli bahasa sebesar 96,8% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Kemudian produk di uji coba. Uji coba produk oleh peserta didik mendapatkan hasil 76,9% dan hasil tanggapan guru sebesar 96,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul sejarah artefak islam gorontalo berbasis android sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...