Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Tipe (Make A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Di SMAN 2 Kubu Babussalam

Ayu Julia Putri (Universitas Riau)
Bunari Bunari (Universitas Riau)
Suroyo Suroyo (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kubu Babussalam disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, guru tidak pernah memvariasikan model belajar seperti mengadakan permainan dalam belajar, didalam belajar guru jarang menyuruh siswa bersosialisasi untuk mengembangkan kemampuannya didalam menyerap pelajaran, didalam mengajar guru tidak banyak mengunakan buku sumber sehinga materi yang disampaikan terbatas.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match di kelas X SMAN 2 Kubu Babussalam pada mata pelajaran Sejarah. (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match di kelas X SMAN 2 Kubu Babussalam pada mata pelajaran Sejarah. (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan penggunaan model pembelajaran tipe Make a Match di kelas X SMAN 2 Kubu Babussalam. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Kubu Babussalam yang berjumlah 27 orang siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata pengamatan guru siklus I sebesar 58,3% (Cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 83,3% (Sangat Baik). Hasil pengamatan siswa pada siklus I 65,6% (Baik) mengalami peningkatan pada siklus II 84% (Sangat Baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas 15 dengan nilai presentase 55,5% (Cukup) sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 25 dengan nilai presentase 92,6% (Baik). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru, meningkatkan kemampuan belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi asal usul nenek moyang Indonesia di kelas X SMAN 2 Kubu Babussalam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...