Economic Education and Entrepreneurship Journal
Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD

Yufita Sari (Universitas Lampung)
Rini Asnawati (Universitas Lampung)
Ryzal Perdana (Universitas LampungUniversitas Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen.  Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Dwikora dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD.Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika, Problem Based Learning 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E3J

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, ...