Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2b (2022): Juni

Kebermaknaan Fisika Kuantum Sebagai Solusi Membangun Karakter Peserta Didik

Syahrial A (Universitas Mataram)
M. Sarjan (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)
Kurniawan Arizona (Universitas Islam Negeri Mataram)
Ramdhani Sucilestari (Universitas Islam Negeri Mataram)
Khaerus Syahidi (Universitas Hamzanwadi)
Syamsuddin Syamsuddin (Universitas Mataram)
I Gde Mertha (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Fisika kuantum adalah ilmu tentang perilaku/karakteristik/sifat materi dan energi pada molekul, atom, sub-atomik bahkan yang lebih kecil lagi dari sub atomik. Artikel ini bertujuan menemukan kebermaknaan fisika kuantum yang dapat menjadi salah satu solusi dalam membangun karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang berpedoman pada Al-Quran. Hasil kajian mendapatkan Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari proses multidimensional yang di mana setiap proses pendidikan dalam hal ini, pembelajaran akan lebih baik tetap mengandung unsur-unsur multidimensional. Unsur multidimensional yang ditekankan dalam artikel ini adalah Religion, Moral, Attitude and Character (RMAC). Membangun aspek-aspek multidimensional tersebut dapat dilakukan dengan menyisipkan pemaknaan konsep fisika kuantum di setiap proses pembelajaran sebagai contoh untuk menumbuhkan Religion, Moral, Attitude and Character (RMAC).  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...