Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Tantangan Guru PAI dalam Menghadapi Era Digital

Lainah Lainah (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Supratman Supratman (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era digital. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Teknik pengumpulan data peneliti akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi era digital. Analisis data dalam kajian pustaka (library research) ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki 3 (tiga) kemampuan yaitu: 1) kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, 2) kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan 3) kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era digital. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa tugas guru pendidikan agama Islam harus mampu menghadapi tantangan-tantangan di era digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...