Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Reformasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah

Abdul Aziz (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Iswantir Iswantir (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Zulmuqim Zulmuqim (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sistem reformasi pendidikan Islam di madrasah di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) yakni penelitian yang bersumber dari bahan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan Islam telah memberikan berbagai macam wujud model pendidikan Islam di Indonesia. Dalam hal ini pendidikan Islam juga turut serta dalam pembaharuan sistem pendidikan yang ada diIndonesia. Maka dapat dikatakan bahwa saat ini pendidikan Islam diIndonesia memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pembaharuan serta perubahan arah pendidikan di Indonesia baik dalam ranah ideologis maupun praktis. Dengan demikian proses pendidikan Islam di Indonesia merupakan wujud dari reformasi Pendidikan Islam serta menjadi penggerak pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...