Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat dilakukan melalui model integrasi mata pelajaran, yang mana karakter-karakter positif diajarkan melalui integrasi pada setiap pokok bahasan. Pada mata pelajaran biologi, integrasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui metode analogi objek dan model biologi. Pendidikan karakter melalui analogi fenomena biologi yang berbasis kearifan lokal telah lama diwariskan secara turun temurun melalui tradisi lisan dan masih diterapkan hingga saat ini di masyarakat propinsi NTT khususnya di pulau Flores. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang menganalisis dan mensintesis pengetahuan lokal berfokus pada tradisi lisan analogi objek dan model-model biologi berbasis kearifan lokal untuk dijadikan sumber pendidikan karakter. Beberapa temuan dari penelitian ini adalah beberapa petuah yang dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan karakter diantaranya adalah boka ngere ki bere ngere ae gare sewiwi nunu selem, Muzi mae moe gho wae thia tholo thale, Muku ca’ pu’u neka woleng curup, teu ca ambo neka woleng lako dan lain sebagainya. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan dalam pengembangan pendidikan yang berbasis kearifan lokal
Copyrights © 2022