Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2022): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA KELOMPOK B DI RA MAMBA’UL HIKMAH DESA GIRIMOYO KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Zulfa Hanifil Faizah (Universitas Islam Malang)
Ari Kusuma Sulyandari (Universitas Islam Malang)
Eko Setiawan (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Literasi Keuangan Pada Kelompok B Di Ra Mamba’ul Hikmah Desa Girimolyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Latar belakang dari penelitian ini adalah tentang pengenalan literasi keuangan pada anak usia dini yang masih belum ada, sehingga perlu diperkenalkan tentang literasi keuangan ini melalui pengembangan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan borg and gall. Data pengembangan diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimolyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dan dari hasil uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar melalui angket dan juga kegiatan observasi selama kegiatan belangsung. Hasil dari penelitian awal di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang diperoleh hasil data kualitatif yakni melibat guru yang ahli pada bidang pembelajaran dan media. Hasilnya anak usia meliputi ketiga aspek tersebut adalah, Koginitif, Afektif, dan Psikimotorik dalam pembelajaran literasi keuangan. Hasil data kuantitatif diperoleh dari hasil Uji kelompok kecil dan Uji kelompok besar, diperoleh hasil 75%  dari data statistik yang meliputi kemudahan, kesenangan, dan keamanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thufuli

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal that focuses on the critical study of early childhood Islamic education. Includes the results of the investigation of the dynamics of learning in the perspective of the scientific field of early childhood Islamic education. The ...