Berajah Journal
Vol. 2 No. 2 (2022): May

DESKRIPSI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 05 DURIAN SAMBAS

Nurul Indah Sari (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat)
Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat)
Asmayani Salimi (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar pada pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh melalui pengisian angket dan wawancara untuk menentukan kategori motivasi belajar dengan jumlah 25 item. Pengukuran setiap pernyataan menggunakan skala Likert, yaitu: 1) Sangat Setuju 2). setuju 3). Tidak Setuju 4.) Sangat Tidak Setuju. Hasil angket menunjukkan 19 siswa memiliki motivasi tinggi, 6 siswa memiliki motivasi sedang dan 1 siswa memiliki motivasi rendah. Diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 70,26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa apabila motivasi belajar tinggi maka menentukan hasil belajar yang diperoleh akan tinggi baik sedang maupun rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...