Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 2 (2022): June

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo

Tri Imelda Tumulo (SMA Negeri 4 Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar siswa melalui pendekatan inquiri pada mata pelajaran Ilmu Bahasa Inggris kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 30 orang, usianya rata-rata antara 16 – 17 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I pendekatan inquiri terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 54,4%. Pada siklus II, pendekatan inquiri terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 76,7%. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “ Jika digunakan pendekatan inquiri dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris maka hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo akan meningkat.” dapat diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...