Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE)
Vol 2 No 1: Juni (2022)

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counter Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII A pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS

Feni Nazela (Universitas Islam Kuantan Singingi)
Zulhaini (Universitas Islam Kuantan Singingi)
Helbi Akbar (Universitas Islam Kuantan Singingi)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Point Counter Point pada mata pelajaran SKI di kelas VIII A MTs Negeri Sentajo Filial Singingi dan untuk mengetahui apakah metode point counter point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi. Metodologi penelitian terdiri dari lokasi penelitian ini di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Sejarah Kebudayaan Islam dan seluruh siswa kelas VIII A di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Point Counter Point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII A di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi. Populasi dan sampel adalah 1 orang guru SKI dan 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah PTK yang terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Point Counter Point  adalah di lihat dari hasil observasi Pra Siklus (sebelum penerapan metode PCP) terlihat hanya 21,04% saja siswa yang memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran SKI, pada Siklus I ternyata 32,10% siswa sudah termotivasi dalam proses pembelajaran SKI, pada Siklus II ternyata sudah mencapai 46,15% dan pada Siklus III ternyata 50,52%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Point Counter Point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AJMAEE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE) published in June and December Special editions are also planned according to scope and needs. AJMAEE publishes research articles that have never been published before. Every article submitted to the editorial staff will be ...