Buhuts Al Athfal
Vol 2, No 1 (2022)

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA ANAK USIA DINI

Nurul Zahriani Jf (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Khairul Azmi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Teknik pengumpulan data: menelaah sumber yang releven sesuai kajian penelitian yang dilaksanakan. Adapun analisis data yang digunakan content analisys. Hasil temuan menunjukkan strategi pembelajaran aktif peserta didik dapat memahami dengan mudah maupun menyerap pembelajaran dengan cepat sehingga mereka tidak merasa bosan. Karena belajar merupakan suatu kesenangan yang besar bagi mereka. Strategi pembelajaran aktif memungkinkan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antara peserta didik maupun peserta didik-guru dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran positif untuk anak usia dini meliputi: (1) Strategi BCCT; (2) Lempar Bola; (3) Strategi Brainstorming; (4) Strategi Pengulangan Cerita Aktif; (5) Strategi Rekam Jejak;(6) Strategi Berbasis masalah. Pentingnya strategi pembelajaran aktif bagi anak usia dini agar anak memperoleh rangsangan atau situmulus dengan lebih baik dimana dalam prosesnya anak terlibat secara langsung mengkontruksikan pengetahuannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alathfal

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Public Health

Description

Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, ...