Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 12 No. 1 (2022): Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Literasi Menulis Ilmiah Guru-Guru IPA di Muaro Jambi

Bambang Hariyadi (Universitas Jambi)
Yusnaidar Yusnaidar (Universitas Jambi)
Della Oktivia Armitha (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Literasi merupakan keterampilan dalam mengolah kata, angka dan informasi yang diperoleh melalui kegiatan membaca dan menulis. Kegiatan literasi menjadi salah satu kegiatan yang menunjang peningkatan mutu pendidikan. Penguasaan literasi yang baik tidak hanya dibutuhkan oleh siswa, tetapi juga perlu dimiliki oleh guru agar mampu mengembangkan materi pembelajaran yang baik sekaligus mendukung pengembangan karir profesionalnya. Untuk itu dilakukan penelitian mengenai literasi menulis ilmiah guru-guru IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian dilakukan melalui observasi, diskusi terfokus dan angket yang dibagikan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih memiliki kesulitan dalam menulis ilmiah. Sebanyak 47% guru diketahui belum pernah menulis ilmiah. Rendahnya literasi guru juga sejalan dengan rendahnya aktivitas membaca yang jarang dilakukan. Hanya 6% guru yang secara rutin melakukan kegiatan membaca setiap harinya. Kesulitan guru dalam menulis ilmiah salah satunya disebabkan karena rendahnya tingkat literasi guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pena

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra is a review journal that can be used as a place for publication of innovative research-research in the field of teaching and learning of language and literature. More specifically some fields that are relevant to the aims and scope of the Pena: Jurnal ...