Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MODEL PBL BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 6 PONTIANAK

Melia Ramadanti (Universitas Tanjungpura)
Imran Imran (Universitas Tanjungpura)
Iwan Ramadhan (Universitas Tanjungpura)
Nuraini Asriati (Universitas Tanjungpura)
Riama Al Hidayah (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model PBL Berbasis Aplikasi Google Classroom Kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 6 Pontianak”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta hasil pembelajaran sosiologi model PBL (Problem Based Learning) berbasis aplikasi Google Classroom. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian deskriptif atau naratif. Informan dalam penelitian ini merupakan pengajar mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Pontianak dan empat peserta didik kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 6 Pontianak serta wali kelas XI IIS 1 sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi menggunakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) daring dengan materi Konflik, Kekerasan dan Perdamaian serta dibuat berdasarkan dengan ketentuan pemerintah yang berlaku. Pada pelaksanaan pembelajaran sosiologi menggunakan model PBL pada aplikasi Google Classroom yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan terakhir kegiatan penutup. Hasil pembelajaran dapat diperoleh untuk penelitian ini melalui 3 kali observasi dengan perolehan hasil pembelajaran dengan melalui tiga ranah yaitu ranah kognitif (pengetahuan) dipeoleh melalui tugas berbasis masalah media video di lampiran google classroom, ranah afektif (sikap) diperoleh melalui absensi kehadiran peserta didik, ranah psikomotorik (keterampilan) diperoleh melalui kata-kata dalam pengerjaan tugas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...