Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 5 No 1 (2022): Edusociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi)

LITERASI SEBAGAI PRAKTIK BUDAYA DI KALANGAN PELAJAR DAN MAHASISWA

Tasrif Tasrif (Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi STKIP Bima)
Syaifullah Syaifullah (Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2022

Abstract

Tulisan ini berutjuan untuk menjelaskan budaya literasi di kalangan pelajar dan mahasiswa di Bima. Tulisan ini menggunakan studi deskriptif kualitatif. Studi kasus. Hipotesa tulisan ini adalah literasi mahasiswa sangat rendah dan semua pengetahuan dimulai dari literasi dasar. Literasi dasar adalah keterampilan membaca dan menulis. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, literasi telah mengalami perluasan makna dan fungsi serta peran di dalam kehidupan masyarakat. hasil peneltian menunjukkan bahwa budaya literasi di kalangan mahasiswa masing sangat kurang. Bahkan mahasiswa belum memaknai literasi sebabagi budaya. Praktik literasi dasar mahasiswa hanya terjadi dalam peristiwan dan ruang yang terbatas. Kegiatan literasi hanya untuk memenuhi tugas dari dosen atau pendidikan. Perpustakaan sebagai jantung literasi tidak dimanfaatkan sebagai tempat untuk menumbuhkan budaya literasi. Problematika mahasiswa yang membaca buku sebagai praktik budaya. Para mahasiswa juga minim menciptakan produk literasi. Literasi sebagai praktik budaya belum bertumbuh di kalangan mahasiswa. Hidupnya tradisi literasi adalah bukti mahasiswa yang literat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...