Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 19, No 2 (2012): Vol. 19, No. 2, Desember 2012

PENGEMBANGAN BAHAN AJARMATAKULIAH FOUNDATION OF MATHEMATICS UNTUK PEMBELAJARANKELAS INTERNASIONAL DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNESA

, MASRIYAH (Unknown)
PRIYO PRAWOTO, BUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2015

Abstract

Foundation of Mathematics (Pengantar Dasar Matematika) merupakan mata kuliah yang mendasari semua mata kuliah matematika di Jurusan Matematika. Dengan alasan tersebut, maka penguasaan terhadap mata kuliah ini sangat diperlukan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu mahasiswa agar lebih menguasai atau memahami mata kuliah adalah dengan menggunakan buku ajar. Kelas internasional di Jurusan Matematika merupakan suatu kelas yang ditujukan agar mahasiswa lulusan kelas ini dapat mengajar dengan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Untuk menunjang kelas ini, maka dikembangkanlah buku ajar Foundation of Mathematics berbahasa inggris. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Plomp yang meliputi tahap investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, pengujian, evaluasi Dan revisi, serta tahap implementasi. Sebanyak 84% mahasiswa kelas internasional 2009 memperoleh nilai minimal B, dan sebanyak 100% mahasiswa memberikan respon positive setelah digunakannya buku ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran.  Kata kunci: Foundation of Mathematics, Plomp, buku ajar Foundation of Mathematics is a subject that underlies all mathematics courses in the Department of  Mathematics. For that reason, the mastery of this subject is needed. One way that can be used to help students to understand the course is by using a textbook. International class in the Department of Mathematics is a class purposed the graduate students of this class can be able to teach mathematics using two languages, Indonesian and English. To support this class, then the development of Foundation of Mathematics textbook in English is needed. The development of this textbook uses Plomp development model which includes the step of the preliminary investigation, design, realization/construction, test, evaluation and revision, as well as the implementation step. There are 84 % of the students of international class 2009 obtained the minimum value of B, and as much as 100 % of the students gave positive responses after they used the textbooks developed in learning. . Keywords : Foundation of Mathematics, Plomp, textbooks  

Copyrights © 2012