Riset ini bermaksud perlu mengetahui efektivitas model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan HOTS anak didik modul IPA kelas IV MI Al- Anwar Sampiran. Tipe riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan konsep riset ialah Pre- Experiment Design dengan tipe One Group Pretest Posttest. Sampel yang dipakai merupakan kelas IV berjumlah 48 anak didik. Metode pengumpulan informasi menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Ada pula pertanyaan uji yang dugunakan berbentuk opsi soal dengan jumlah 5 biji pertanyaan HOTS serta essay dengan jumlah 5 biji pertanyaan HOTS. Pertanyaan HOTS yang dipakai ialah melingkupi ranah kognitif C4 (menganalisa), C5 (mengevaluasi), C6 (mencipta). Pengetesan keabsahan isi instrumen dengan memakai tata cara expert judgement serta diklaim bisa dipakai dengan mengamati kisi- kisi dengan kesesuaian tujuan riset. Metode analisa informasi memakai percobaan normalitas, percobaan homogenitas dan percobaan paired sample T-test serta percobaan N- Gain. Bersumber pada hasil percobaan anggapan kalau ada kenaikan keahlian HOTS anak didik sehabis memakai model pembelajaran picture and picture. Perihal ini dibuktikan dengan percobaan anggapan paired sample T- test( Sig. 2−tailed) 0, 000 < 0, 05 maksudnya anggapan Ha diperoleh. Alhasil model pembelajaran picture and picture efisien terhadap keahlian HOTS anak didik kategori IV di MI Al- Anwar Sampiran. Ada pula aplikasi model pembelajaran picture and picture diamati dari pemantauan guru membuktikan kalau 100% guru mempraktikkan model pembelajaran picture and picture dengan bagus serta pemantauan kegiatan anak didik membuktikan angka sebesar 92% anak didik aktif dalam pembelajaran. Pada percobaan N- Gain kenaikan pada umumnya indikator pretest serta posttest sebesar 0, 68 presentase hasilnya 68% kategori efisien/cukup, yang berarti kalau kemampuan HOTS anak didik memakai model pembelajaran picture and picture terkategori cukup efektif.Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, HOTS Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022