Science Education and Learning Journal
Vol 1 No 2 (2021): SCIENCES EDUCATION AND LEARNING (SCEDULE) JOURNAL

Kontribusi Sikap dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Syamsu Rijal (Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan menyelidiki kontribusi antara variabel sikap dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone. Instrumen penelitian adalah: (1) Angket, yang digunakan untuk memperoleh data sikap, dan gaya belajar siswa, (2) Dokumentasi, digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar kognitif biologi. Pengumpulan data sikap dan gaya belajar siswa dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner) kepada siswa. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari nilai ulangan semester. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi produck moment, regresi sederhana dan berganda serta dibantu dengan software SPSS 20.0 for windows, dilakukan pada taraf signifikansi 0,05 (p<0,05). Sebelum uji di atas, dilakukan uji prasyarat atau uji asumsi yang meliputi uji normalitas dan linearitas data. Uji normalitas menggunakan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa: (i) Terdapat kontribusi yang positif sikap siswa terhadap hasil belajar kognitif Biologi, dengan nilai sebesar 38,6%, (ii) Terdapat kontribusi yang positif gaya belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif Biologi, dengan nilai sebesar 33,3%, (iii) Terdapat kontribusi yang positif sikap, dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif Biologi di SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

scedule

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SCEDULE (Science Education and Learning) Journal bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, disamping ujian kritis kemajuan dalam penelitian, pengajaran, dan pembelajaran biologi. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan ...