Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 1 (2020)

Perbandingan Kesadaran Metakognitif Siswa Yang Melaksanakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Inquiry Training

Hidayatullah, Yayah (Unknown)
Handayani, Handayani (Unknown)
Junaedi, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif siswa melaksanakan pembelajaran model model guided inquiry dan inquiry training. Desain penelitian ini adalah posttest only with non-equivalent group design.  Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen I berupa model pembelajaran  guided inquiry  dan kelompok eksperimen II berupa model pembelajaran inquiry training. Instrumen penelitian berupa angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) untuk mengukur kesadaran metakognitif. Data dianalisis statistik deskriptif dan inferensial (T-tes dengan α= 0,05).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kesadaran metakognitif siswa yang melaksanakan pembelajaran model guided inquiry dan inquiry training.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edubiologica

Publisher

Subject

Other

Description

The scope of the journal includes: Teaching and Learning in Biology Education Curriculum Depelopment on Biology Education Evaluation of Biology Learning Biology Learning ...