IJCOSIN : Indonesian Journal of Community Service and Innovation
Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021

Pelatihan Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan Kemuning Di Tegal Jawa Tengah

Nabila Noor Qisthani (Unknown)
Arry Darmawan (Unknown)
Emmareta Fauziah (Unknown)
Syarif Hidayatuloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai bidang usaha, salah satunya Industri Kecil Menengah (IKM). Beberapa masalah yang dihadapi oleh IKM saat ini adalah menurunnya permintaan produk yang diakibatkan daya beli konsumen yang juga ikut menurun. Salah satu IKM yang menjadi objek dalam pengabdian masyarakat ini adalah IKM Kerajinan Kemuning yang berada di desa Muarareja, Tegal Barat, di Kecamatan Tegal, Provinsi Jawa Tengah. IKM ini memproduksi produk kerajinan dengan bahan baku utama dari limbah kerang laut dengan memanfaatkan potensi lokal yang sangat melimpah. Limbah kerang laut banyak ditemui dari daerah sekitar pantai Muarareja. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra penelitian adalah kurang optimalnya penjualan yang mereka lakukan karena mereka masih menggunakan strategi pemasaran tradisional seperti menjual produk mereka di warung-warung sekitar Pantai Muarareja. Hal inilah yang mendorong untuk dilakukannya pengabdian masyarakat di IKM mitra agar dapat meningkatkan penjualan mereka dengan melakukan pelatihan pemasaran produk dengan e-commerce.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijcosin

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

1. Peningkatan kualitas masyarakat agar dapat mewujudkan kemandirian bangsa dan berdaya saing nasional dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. 2. Pengoptimalan potensi daerah pedesaan untuk peningkatan industri kreatif dan perekonomian masyarakat di pedesaan. 3. Pemanfaatan teknologi hasil ...