cover
Contact Name
Nia Annisa Ferani Tanjung
Contact Email
ijcosin@ittelkom-pwt.ac.id
Phone
+6282276026605
Journal Mail Official
ijcosin@ittelkom-pwt.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan No.128 Purwokerto
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
IJCOSIN : Indonesian Journal of Community Service and Innovation
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : 28076370     DOI : https://doi.org/10.20895
1. Peningkatan kualitas masyarakat agar dapat mewujudkan kemandirian bangsa dan berdaya saing nasional dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. 2. Pengoptimalan potensi daerah pedesaan untuk peningkatan industri kreatif dan perekonomian masyarakat di pedesaan. 3. Pemanfaatan teknologi hasil penelitian yang berwawasan HATS (Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise) agar mampu meningkatkan kemandirian masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
Pelatihan Desain Kemasan Produk Asosiasi UMKM Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus : Produk Kerupuk) Akhmad Wasiur Rizqi; Moh. Jufriyanto; Pregiwati Pusporini
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.739 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.261

Abstract

Kemasan merupakan salah satu hal penting dalam melakukan penjualan dan pemasaran produk. Desain kemasan yang baik akan menjadi daya tarik konsumen untuk minat terhadap suatu produk. Semakin tinggi minat konsumen maka semakin tinggi penjualan. Asosiasi UMKM Sidayu merupakan perkumpulan organisasi UMKM yang ada di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Salah satu hasil produk unggulan UMKM yaitu kerupuk. Permasalahan yang terjadi bahwa banyak produk yang belum memiliki kemasan yang menarik, salah satunya adalah produk kerupuk tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan desain kemasan kepada pelaku UMKM agar mampu meningkatkan penjualan produk. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan desain kemasan yaitu aplikasi canva dan alat yang digunakan yaitu handphone. Program pelatihan ini dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan tersebut, yaitu pelaku UMKM mulai mengerti mengenai pentingnya desain kemasan pada produk. Pelaku UMKM mulai mengertu dengan adanya desain kemasan memberikan identitas tentang kepemilikan produk tersebut. Pelaku UMKM juga mulai mengerti serta dapat menggunakan aplikasi canva untuk membuat desain kemasan
Implementasi Sistem Informasi Pemantauan Cuaca Maritim Di Pantai Menganti untuk Mitigasi Bencana Emi Iryanti; Rifki Adhitama; Aditya Wijayanto
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.154 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.267

Abstract

Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur Kabupaten Kebumen memiliki potensi ekonomi maritim dan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Di Pantai Menganti terdapat Tempat Pelelangan Ikan dengan transaksi jutaan ton atau milyaran rupiah per tahun. Di sisi lain, peralatan yang digunakan oleh nelayan Pantai Menganti masih menggunakan perahu kecil dengan perlengkapan sederhana. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu nelayan untuk memantau cuaca maritim sehingga sebelum sampai di tengah laut, nelayan sudah dapat mengetahui prakiran cuaca, prakiraan tinggi gelombang, prakiraan sebaran hujan, dan prakiraan sebaran hujan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah instalasi dan sosialisasi sistem, serta pelatihan kepada personil terkait apabila terjadi error pada sistem. Sistem informasi yang telah dibangun, diinstal dalam satu perangkat komputer dan dipasang di Tempat Pelelangan Ikan, sehingga nelayan dapat dengan mudah mengakses informasi.
Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Di Desa Kramat Kecamatan Kembaran Ria Manurung
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.865 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.268

Abstract

Laporan keuangan menjadi salah satu komponen yang mutlak harus dimiliki oleh UMKM jika ingin mengembangkan usaha dengan mengajukan modal kepada para kreditur yang dalam hal ini adalah pihak perbankan. Kebiasaan untuk mencatat setiap kegiatan usaha dan menyusun laporan keuangan harus ditumbuhkan di kalangan UMKM. Setiap pelaku usaha semestinya melakukan kebiasaan mencatat segala sesuatu yang dianggap penting bagi usahanya. Para pelaku UMKM di desa Kramat kecamatan Kembaran hanya mencatat jumlah uang yang diterima dan dikeluarkan, jumlah barang yang dibeli dan dijual, jumlah piutang dan utang hanya sebatas pengingat saja. Meskipun para pelaku UMKM dapat mengetahui jumlah modal akhir setiap tahun yang hampir sama jumlahnya jika mencatat dengan sistem akuntansi. Pelaku UMKM di desa Kramat dapat diarahkan untuk mencatat kegiatan usaha yang sesuai dengan standar akuntansi secara lengkap dan rapi. Pentingnya menumbuhkan kebiasaan mencatat dan menyusun laporan keuangan bagi UMKM di desa Kramat yang sesuai dengan standar akuntansi namun dengan format yang sederhana sehingga mudah diterapkan para pelaku UMKM yang memiliki tenaga kerja dan waktu yang terbatas. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 39 orang dari para pelaku UMKM dengan usia di atas 30 tahun. Kegiatan pendampingan pembuatan laporan keuangan dilaksanakan di aula Kantor Desa Kramat, Kecamatan Kembaran, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.
Pelatihan Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan Kemuning Di Tegal Jawa Tengah Nabila Noor Qisthani; Arry Darmawan; Emmareta Fauziah; Syarif Hidayatuloh
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.354 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.271

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai bidang usaha, salah satunya Industri Kecil Menengah (IKM). Beberapa masalah yang dihadapi oleh IKM saat ini adalah menurunnya permintaan produk yang diakibatkan daya beli konsumen yang juga ikut menurun. Salah satu IKM yang menjadi objek dalam pengabdian masyarakat ini adalah IKM Kerajinan Kemuning yang berada di desa Muarareja, Tegal Barat, di Kecamatan Tegal, Provinsi Jawa Tengah. IKM ini memproduksi produk kerajinan dengan bahan baku utama dari limbah kerang laut dengan memanfaatkan potensi lokal yang sangat melimpah. Limbah kerang laut banyak ditemui dari daerah sekitar pantai Muarareja. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra penelitian adalah kurang optimalnya penjualan yang mereka lakukan karena mereka masih menggunakan strategi pemasaran tradisional seperti menjual produk mereka di warung-warung sekitar Pantai Muarareja. Hal inilah yang mendorong untuk dilakukannya pengabdian masyarakat di IKM mitra agar dapat meningkatkan penjualan mereka dengan melakukan pelatihan pemasaran produk dengan e-commerce.
Pelatihan Digital marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kopi dan Temulawak) Hidayat Hidayat; Nina Aini Mahbubah; Chusain Chusain
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.704 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.274

Abstract

Pembekalan ilmu pengetahuan dan ketrampilan pada masa pandemi saat ini dirasa sangat penting bagi para pelaku UMKM. Pengetahuan tidak hanya dilakukan pada bidang yang ditekuni, akan tetapi pembekalan bidang lain juga perlu diberikan, misalnya pada penguasaan teknologi digital marketing. Digital marketing telah berkembang dengan sangat pesat sejak penggunaan internet yang tinggi. Tingkat penggunaan ini dipicu dengan kehadiran smartphone dengan harga yang sangat terjangkau. Tetapi penggunaan digitial marketing tidak banyak disadari oleh pelaku bisnis, terutama para pelaku usaha kecil di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Dalam kegiatan pelatihan ini dimulai dengan presentasi, dan selanjutnya dilakukan tanya jawab terkait materi yang telah dipaparkan oleh dosen. Kegiatan terakhir adalah praktik secara langsiung menggunakan salah satu platform penjualan online yaitu Shopee. Hampir seluruh peserta berhasil membuka toko online nya masing-masing di platform Shopee.
Pelatihan Desain dan Pemodelan Bangunan Menggunakan Program SAP 2000 di Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK PGRI 1 Gresik Rezky setya irsyadi; Hidayat Hidayat
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.246 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.275

Abstract

Dalam upaya menjaga mutu pendidikan terhadap pengaruh perkembangan teknologi informasi yang terdapat pada kurikulum SMK jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) mata pelajaran struktur bangunan, maka perlu dikenalkan kepada peserta didik bahwasanya terdapat program komputer yang dapat menunjang mata pelajaran tersebut. Program komputer tersebut adalah SAP 2000 yang dapat digunakan untuk menganalisis gaya – gaya yang bekerja pada struktur balok, kolom, pelat, dan penampang konstruksi rumah 2 lantai. Sebagai bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga mutu pendidikan terhadap pengaruh perkembangan teknologi informasi yang terdapat pada kurikulum SMK jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) mata pelajaran struktur bangunan, maka perlu dilakukan sebuah usulan untuk mengadakan kegiatan ” Pelatihan Desain dan Pemodelan Bangunan Rumah 2 Lantai Mengguanakan Program SAP 2000 Di Jurusan Desain dan Pemodelan Infomasi Bangunan (DPIB) SMK PGRI 1 Gresik”. Di akhir kegiatan, peserta diminta untuk menilai atau mengisi pertanyaan yang berkaitan dengan 8 komponen penilaian yang sudah disebutkan pada bab pembahasan. Secara keseluruhan hasil yang didapat adalah para peserta memilih atau menilai pada angka 3, 4, dan 5. Yang artinya bahwa kegiatan ini masih bisa diterima layak berdasarkan 8 komponen penilaian tersebut dan tujuan pembelajaran pada pelatihan ini di nilai tercapai
Pengembangan Bisnis Pengelolaan Sampah di Desa Kalibagor Banyumas Irwan Susanto; Gita Fadila Fitriana; Antyka Syahrial
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.786 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.276

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang sedang dihadapi oleh seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Sebagai wujud kepedulian pemerintah Indonesia sudah berupaya untuk mengurangi sampah melalui beberapa kegiatan. Cara mengatasi masalah sampah ditempuh salah satunya dengan mengubah persepsi masyarakat terhadap sampah dan perilaku masyarakat dalam menangani sampah, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Upaya inovasi penanganan sampah sehingga mampu menciptakan nilai ekonomi sampah merupakan harapan baru dalam penanganan sampah. Permasalahan ini diselesaikan dengan teknik pengelolaan sampah, pengelolaan transaksi ekonomi sampah dan pemasaran. Hasil pengabdian masyarakat secara langsung adalah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki skrip rancangan strategi bisnis Bumdes dalam bentuk Business Model Canvas, dimana semula belum memiliki. Pelaksanaan operasional Bumdes semula didasarkan atas ide pengelola tanpa melalui penyusunan strategi terstruktur. Pelaksanaan operasional berdasarkan atas rancangan strategi bisnis dan program-program kerja yang sudah terstruktur. Melalui pedoman pada acuan rancangan strategi, pengelola tidak perlu lagi kebingungan memikirkan langkah operasional dalam menjaga keberlanjutan bisnis namun cukup mengikuti acuan strategi bisnis yang disusun.
Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Dan Sertifikasi SKK (Surat Keterangan Kecakapan) 30/60 Mil Bagi Nelayan Tradisional Sendang Biru - Malang Yulia Ayu Nastiti; Ali Yusa; Achmad Al Fikri A; Muhammad Angga A
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.214 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.280

Abstract

Tugas Kantor Kesyahbandaran Utama dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Perak Surabaya selaku koordinator UPT Ditjen Hubla di wilayah Jawa Timur salah satunya yaitu mengukur dan menerbitkan surat yang disebut pas kecil atau dikenal juga sebagia Surat Tanda Kebangsaan Kapal yang diperuntukan bagi kapal-kapal dengan tonase koror kurang dari GT 7, yang sebagian besar terdiri dari kapal-kapal tradisional dan kapal nelayan. Selain untuk menunjang keselamatan pelayaran pas kecil ini berguna untuk mendata dan memverifikasi ulang kapal-kapal yang ada diseluruh wilayah maritim Indonesia. Salah satunya adalah daerah Sendang Biru, Malang. Proses didapatkannya adalah dengan kegiatan pengukuran kapal kemudian diberikan edukasi mengenai ketrampilan melaut dan keselamatan pelayaran bagi masyarakat pesisir yang bekerja sebagai nelayan baik untuk kebutuhan berburu ikan maupun aktivitas pariwisata. Selain pas kecil dokumen lain yang akan diterbitkan oleh Dinas Perhubungan adalah SKK (Surat Keterangan Kecakapan) dan buku pelaut diperuntukkan Awak Kapal Tradisional. Diharapkan dengan adanya SKK, buku pelaut dan terpenuhinya data pas kecil akan lebih mudah dilakukan pemantauan terhadap kondisi kelayakan seorang awak kapal (nelayan) untuk melaut baik ketrampilan dan kondisi kapal (perahu).
Pengabdian Pada Masyarakat Dengan Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Dalam Upaya Ikut Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Wiwin Windihastuty; Krisna Adiyarta; Wendy Usino
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.661 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.281

Abstract

Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat (DRPM) Universitas Budi Luhur (UBL) sebagai pelaksana dalam bidang Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat, dituntut untuk berperan aktif tidak hanya dalam mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi tetapi turut serta dalam kegiatan masyarakat. DPRD yang terdiri dari berbagai macam latar belakang membutuhkan peningkatan skill, perubahan sikap, perilaku, korelasi terhadap kekurangan – kekurangan kinerja untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas melalui pelatihan atau salah satunya bimbingan teknis. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh DRPM Universitas Budi Luhur adalah mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), dengan memfasilitasi DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Workshop dan Bimbingan Teknis dalam upaya ikut meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Anggota DPRD. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara serta data dilapangan dengan analisis PLS (Partial Least Square) menggunakan sampel sebanyak 41 orang. Kegiatan Workshop dan Bimtek yang telah dilaksanakan dengan lancar sampai hari terakhir dan diwarnai dengan diskusi aktif antara Pimpinan dan Anggota DPRD bersama para narasumber. Melalui workshop dan bimbingan teknis, memberikan manfaat pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan tugas-tugas kedewanan.
Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Pembuatan Sabun Kertas dan Masker Instan Bagi Kelompok Lansia Desa Karang Anyar II, Kabupaten Bengkulu Utara Fades Br Gultom; Diyas Widiyarti; Noviyan Arbitha Tionanda; Dicky Satria Wijaya; Sindy Andistya
Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN) Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : LPPM IT Telkom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.96 KB) | DOI: 10.20895/ijcosin.v1i1.283

Abstract

Pandemi covid-19 telah menjadi kedaruratan kesehatan global. Upaya pencegahan terus dilakukan untuk mengurangi angka penduduk yang terpapar virus covid-19. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi tentang kasus covid-19 yang rentan menyerang masyarakat usia diatas 60 tahun sekaligus memberikan pengetahuan bagi para lansia tentang cara membuat sabun kertas dan masker instan. Sosialisasi pembuatan sabun kertas dan masker instan dilakukan pada kelompok lansia desa Karang Anyar II Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penyampaian sosialisasi diantaranya ceramah, diskusi, demonstrasi dan praktek langsung. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi dan pemberian motivasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan selama masa pandemi ini. Metode diskusi digunakan sebagai media komunikasi saat sosialisasi berlangsung sehingga terjadi komunikasi dua arah antara masyarakat dan pemateri. Metode demonstrasi digunakan dalam pemberian contoh pembuatan sabun kertas sedangkan metode praktik langsung digunakan saat memberikan pengetahuan tentang pembuatan masker kain instan. Beberapa peralatan yang digunakan saat praktik berlangsung seperti kain, tali karet, doubletip, gunting, kuas, sabun cair dan kertas. Hasil pelaksanaan kegiatan kelompok 90 % lansia dapat memahami penjelasan dan mempraktikan pembuatan masker instan dan pembuatan sabun kertas. Antusias peserta terlihat dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 37 orang.