Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)

PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI SKYPE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK YPSEI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021: PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI SKYPE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK YPSEI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

kasepta (Universitas Palangka Raya)
Beta Centauri (Universitas Palangka Raya)
Krisnayadi Toendan (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Pemanfaatan teknologi elektronik dalam pembelajaran memberikan penguatan terhadap pola perubahan paradigma pembelajaran. Sistem E-Learning merupakan bentuk implementasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Skype menjadi salah satu aplikasi yang paling diminati dan paling banyak penggunanya. Dari segi tampilan pengguna (User Interface) Skype lebih menarik, dan memiliki fitur-fitur yang lengkap namun tampilannya tetap sederhana. Kualitas gambar dan suaranya lebih bagus, sehingga kebanyakan orang lebih memilih menggunakan aplikasi Skype dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Skype terhadap hasil belajar peserta didik di SMK YPSEI Palangka Raya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah peserta didik SMK YPSEI Palangka Raya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 100 74 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Skype terhadap hasil belajar peserta didik di SMK YPSEI Palangka Raya tahun ajaran 2020/2021 dengan perolehan nilai thitung sebesar 14,744 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Skype, maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik di SMK YPSEI Palangka Raya tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...